Minggu, 12 September 2010

Pengertian Lebaran

Lebaran! Sering kita ucapkan, tapi tahukah kita dari mana kata ini berasal? Banyak diskusi, banyak versi. Ada yang lucu pula. Lebaran diduga berasal dari bahasa Jawa, Lebar, yang artinya selesai. Arti pasnya: selesai puasa. Tapi ada yang bilang, lebaran berasal dari kata 'lebar': lebih luas, lebih bebas.


Tidak ada referensi yang kuat mengenai tema ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, LEBARAN diartikan sebagai hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan; Idul Fitri. Lebaran Besar: lebaran haji.

Di kamus yang sering jadi rujukan itu, tidak dijelaskan dari mana kata ini berasal. Apakah 'Lebaran' memang kata dasar, kata yang sudah mendapatkan imbuhan, tidaklah jelas.

Salah seorang peserta diskusi menulis sebagai berikut:
Lebar - bar - bubar - bibar : artinya selesai. Jadi lebaran mempunyai makna selesainya masa Puasa. Kenapa dipakai kata itu, sepertinya mengandung 'filosofi' begitu beratnya menjalankan puasa, dan lebaran adalah hari bersuka ria. Ini menjadikan hari itu ditandai dengan nama 'Raya'.

Tapi, ada peserta diskusi yang memberikan sanggahan. Sepengetahuan saya kalau di Jawa (Jawa Tengah & Jawa Timur) tidak menyebut 'Hari Raya Idul Fitri' dengan 'Lebaran', tapi dengan "Riyadin, Rioyo, atau bada. Kata 'lebaran' jarang sekali digunakan dan terdengar di Jawa.

Ada juga peserta yang memberikan tanggapan cukup lucu, tapi menarik. Lebaran asal kata lebar ditambahi akhiran -an, jadi lebaran = luasan. Lega kalo kate orang betokaw maksud lega hati nya luas hatinya lebar silaturahminya.

Peserta lainnya ada yang menyinggung Malaysia. Itulah yang bikin saya heran, lebar kan dari bahasa Jawa yang artinya selesai. Tapi kenapa di televisi Malaysia, bahkan lagu-lagu Aidil Fitri-nya Siti Nurhaliza banyak menyebut kata 'lebaran'?

Pendapat-pendapat yang muncul belum meyakinkan. Bahkan, ada peserta diskusi yang menyebut Lebaran berasal dari Sumatera Utara (Sumut). Berikut pendapat dia:

Percaya atau tidak memang LEBARAN itu dari SUMUT. Gue juga baru diterangin minggu lalu, gue pikir bercanda, tapi tidak ada info lain yang lebih meyakinkan. Jadi, untuk sementara jadi ini jawaban yang paling masuk akal.

Ceritanya ada 2 orang berlogat Medan sedang ngobrol:

si A : Cam mana ni, makan ta boleh, minum ta boleh, bersetubuh dengan istri sendiri di siang hari tak boleh. Sempit kale kau
si B : tapi selepas bulan ini lebaran lah kau.

Jadi, arti lebaran adalah lebih lebar, lebih bebas, lebih luas.